Salah satu jenis vitamin yang sejak dulu dikenal aman untuk dikonsumsi dan memiliki banyak kegunaan bagi tubuh adalah vitamin C. Vitamin ini salah satunya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin C juga mudah untuk diperoleh, baik dari asupan makanan maupun suplemen.

Nah, apakah kamu rajin mengonsumsi suplemen vitamin C? Saat ini, suplemen vitamin C sudah tersedia dalam berbagai bentuk produk, mulai dari cair hingga jenis vitamin C tablet. Lalu, dari sekian banyak bentuk yang ditawarkan, mana yang lebih baik? Jawabannya, hal tersebut tergantung dari kebutuhan tubuhmu. Untuk itu, sebelum memilih suplemen vitamin C apa yang akan dikonsumsi, cermati dulu hal-hal berikut ini!

Perhatikan Jumlah Kandungannya

Produk suplemen vitamin C tablet, bubuk atau cair biasanya mengandung jumlah yang berbeda-beda. Sebaiknya hindari membeli suplemen yang mengandung 100% jumlah zat gizi harian. Misalnya, kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa dalam satu hari adalah sebesar 75-90mg, maka hindari suplemen yang juga mengandung 90mg vitamin c karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko keracunan.

Efek Samping

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C tablet, bubuk atau cair, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Karena, jika dikonsumsi dalam takaran yang tidak direkomendasikan, maka kelebihan vitamin C akan memunculkan efek samping bagi tubuh.

Cara Mengonsumsi

Suplemen vitamin C tablet, bubuk atau cair dikonsumsi dengan tujuan untuk membantu melengkapi kebutuhan vitamin C harian, terutama ketika asupan vitamin dari makanan tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi, suplemen vitamin C hanya digunakan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh, bukan sebagai pengganti nutrisi dari makanan.

Dosis suplemen vitamin C biasanya ditentukan berdasarkan usia, kondisi, dan respon tubuh terhadap vitamin ini. Vitamin C tablet umumnya dikonsumsi 1-2 kali sehari, bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Sedangkan untuk vitamin C cair, biasanya harus dilakukan oleh dokter dengan cara disuntik ke pembuluh darah, otot, atau di bawah kulit.

Jadi, Mana yang Terbaik?

Sejauh ini, memang suplemen cair dan bubuk dianggap lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun, terkadang dalam penggunaannya, kedua jenis suplemen ini cenderung digunakan berlebihan karena takarannya yang tidak pasti seperti pada suplemen tablet. Untuk itu, lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk menentukan produk suplemen dalam bentuk apa yang sebaiknya kamu konsumsi. 

Jika kamu ingin mengonsumsi suplemen vitamin C tablet, Vitacimin sweetlet bisa menjadi pilihan. Cara mengonsumsi Vitacimin Sweetlet cukup dihisap tanpa memerlukan air untuk diminum atau dilarutkan. Vitacimin dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Dapat dikonsumsi 1-2 tablet sehari. Produknya, terdiri dari 10 strip (20 tablet hisap) dalam 1 kemasan family pack sehingga praktis untuk dibawa ke manapun kamu pergi.