Vitamin D merupakan vitamin penting yang membantu fungsi tubuh secara keseluruhan. Jika tubuh kekurangan vitamin D, berbagai macam jenis penyakit kronis seperti multipleskerosis, jantung, kanker diabetes hingga penurunan daya ingat bisa mengintai kita. Meskipun sinar matahari sering diidentikkan sebagai sumber vitamin D, tapi kebutuhan vitamin D perlu ditambah dari asupan makanan yang mengandung vitamin D. Apa saja?

 

1. Ikan Salmon

Makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan laut seperti salmon menjadi makanan yang kaya akan vitamin D. Pasalnya, dalam 100gram ikan salmon terkandung sekitar 361-685 IU vitamin D. Tidak hanya itu, salmon juga tinggi akan kandungan protein dan omega 3, lho! Untuk itu, rajin mengonsumsi ikan salmon mampu mencegah dirimu dari risiko penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

 

2. Kuning Telur

Selain ikan, kuning telur juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Pada sebuah kuning telur setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Namun, tetap perhatikan jumlah kuning telur yang kamu konsumsi, ya. Pasalnya, dalam satu buah kuning telur juga terkandung 200mg kolesterol. Untuk itu, jumlah konsumsi kuning telur yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 300mg per hari.

 

3. Jamur

Jenis makanan yang mengandung vitamin D ini sering kita temukan di berbagai olahan makanan, seperti capcay, sup, atau bahkan dijadikan makanan ringan. Dibalik rasanya yang lezat, setiap 100mg jamur ternyata mengandung 446 IU vitamin D, lho! Jamur adalah salah satu pilihan makanan yang mengandung vitamin D terbaik bagi para vegetarian dan vegan yang tidak mengonsumsi telur, ikan, dan produk susu.

 

4. Ikan Kod

Ikan kod adalah makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya yang bisa kamu konsumsi. Untuk setiap 100gram ikan kod, terdapat 48 IU kandungan vitamin D. Mengonsumsi ikan kod secara rutin mampu membantu menguatkan dan mencegah tulang dari berbagai risiko penyakit.

Tak hanya itu, makanan yang mengandung vitamin D yang satu ini juga kaya akan protein dan rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi apabila kamu sedang menjalani program penurunan berat badan. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada di ikan kod juga mampu mencegah penyakit serius seperti diabetes dan jantung.

 

5. Keju Cheddar

Apakah kamu menyukai keju? Keju cheddar adalah jenis keju olahan dari susu sapi dan telah mengalami proses pasteurisasi selama beberapa waktu. Selain memiliki rasa yang lezat, keju cheddar adalah makanan yang mengandung vitamin D dan sejumlah vitamin lainnya seperti vitamin A, B12, E, dan K yang bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

 

Dari 5 jenis makanan yang mengandung vitamin D di atas, mana yang menjadi kesukaanmu? Jika diperlukan, kamu juga dapat mengonsumsi multivitamin untuk dapat membantu memenuhi asupan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.  Selain suplemen vitamin D, terdapat juga suplemen tablet vitamin C yang dapat kamu konsumsi sehari-hari, seperti Vitacimin.

 

Vitacimin akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Cara mengonsumsi Vitacimin cukup dihisap tanpa memerlukan air untuk diminum atau dilarutkan. Vitacimin dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Dapat dikonsumsi 1-2 tablet sehari. Produknya, terdiri dari 10 strip (20 tablet hisap) dalam 1 kemasan family pack sehingga praktis untuk dibawa ke manapun kamu pergi.

 

Saat ini Vitacimin telah tersedia di supermarket, toko, dan pusat perbelanjaan di sekitarmu. Tersedia 4 pilihan rasa, Fresh Lemon, Sweet Orange, Tropical Fruit Punch, dan Juicy Blueberry.