Tidak semua orang berani pergi berlibur sendirian atau solo traveling. Faktor keamanan seringkali menjadi pertimbangan untuk liburan sendirian terlebih bagi perempuan.  Kalau Anda berencana melakukan solo traveling untuk pertama kali, ini tips untuk Anda.


1.Rencanakan perjalanan Anda

Tidak perlu rencana yang rinci dan detail. Cukup lakukan beberapa perencanaan kecil sebelum berangkat, seperti memesan penginapan setidaknya untuk malam pertama. Berikan salinannya pada keluarga atau teman dekat untuk berjaga-jaga jika menemui kondisi darurat.

2. Kemasi bawaan anda secara ringkas

Anda tidak akan selalu memiliki seseorang untuk membantu mengangkat barang, karena itu pastikan Anda membawa barang yang bisa dibawa sendiri.

3. Tiba di siang hari

Rencanakan untuk tiba di tempat tujuan siang hari, sehingga Anda tidak harus mencari alamat di kota asing dalam kondisi gelap.

4. Berbaur dengan wisatawan lain

Ruang duduk atau lounge hostel merupakan tempat yang bagus untuk bertemu dan bertukar pengalaman dan informasi dengan sesama pelancong.

5. Hindari lorong-lorong gelap

Cari jalan yang ramai dan terang, walaupun berarti Anda harus berjalan lebih jauh.

6. Percaya insting

Selalu waspada terhadap lingkungan sekitar dan percaya pada insting Anda. Jika ada yang terlihat tidak beres, segera tinggalkan tempat itu.

7. Manfaatkan aplikasi ponsel. 

Gunakan aplikasi yang berguna seperti GPS, penerjemah, converter mata uang dan panduan wisata.

8. Foto dokumen 

Dokumen penting seperti KTP, paspor, dan identitas lain yang penting untuk didokumentasikan dan diunggah ke cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika Anda kehilangan dompet atau tas.