Lipstik matte kembali menjadi favorit banyak perempuan karena membuat Anda tampak menawan tanpa terlihat berlebihan.

Agar total look Anda lebih sempurna, berikut langkah-langkah penting saat menggunakan lipstik matte.

1. Persiapan
Tekstur matte cenderung menonjolkan bibir, termasuk segala kekurangannya seperti kerut, kekeringan, dan jika bibir Anda kurang simetris. Maka, sangat penting untuk menjaga kelembapannya. Untuk menjaga kulit bibir tetap sehat, lembut, dan bersih, coba lakukan eksfoliasi lembut setiap satu minggu satu atau dua kali. Tidak harus repot membeli scrub khusus, gunakan eksfoliasi buatan sendiri. Misalnya, campuran gula pasir dengan madu dengan perbandingan 1:1, pulaskan pada bibir dan buat gerakan memutar lembut untuk mengeksfoliasi. Bilas dengan air hangat.

2. Kelembapan
Sebelum menggunakan lipstik matte, pastikan bibir dalam keadaan lembap. Namun, sebaiknya hindari mengaplikasikan lip balm tepat sebelum membubuhkan lipstik matte. Ketika pelembapnya belum menyerap sempurna atau tidak cocok dengan pelembap yang ada di lipstik, hasilnya adalah tampilan kurang rapi dan terlihat tidak merata. Sebaiknya gunakan pelembap bibir begitu selesai mandi sebagai langkah pertama persiapan makeup Anda. Diamkan sembari melanjutkan dengan riasan wajah, mata, dan alis. Saat pelembap sudah meresap dan merata pada bibir, baru aplikasikan lipstik matte.

3. Mulai dengan lip liner
Pulaskan pewarna menggunakan pensil bibir (lip liner) di seluruh bibir sebelum mengaplikasikan lipstik matte. Trik ini akan membantu menciptakan tampilan bibir yang lebih rapi dan sempurna. Gunakan lip liner dengan warna senada lipstik yang akan digunakan. Lip liner juga dapat membantu membuat lipstik bertahan lebih lama.

4. Jangan menggosok kedua bibir
Setelah pengaplikasian lipstik matte, hindari kebiasaan mengapit dan menggosokkan bibir atas dan bawah. Kebiasaan ini akan membuat tampilan lipstik tidak merata. Bila ingin meratakan atau menyebarkan lipstik, lebih baik gunakan kuas khusus bibir agar terlihat lebih presisi. Disarankan untuk menggunakan kuas bibir bulu sintetis untuk teknik ini. Pastikan Anda menutup seluruh bagian bibir, termasuk di area pojok bibir yang sering terlewatkan.

5. Lapisi dua kali
Bila ingin warnanya bertahan lebih lama, aplikasikan lipstik dua kali. Setelah aplikasi pertama, apit tisu di antara kedua bibir, lalu oleskan lapisan lipstik kedua. Tips ini akan menambah intensitas warna lipstik sekaligus membuat lipstik bertahan lebih lama. Mengapit tisu di antara kedua bibir akan mencegah tampilan bibir terlihat seperti lapisan beku atau sangat kering.

6. Presisi
Karena warna lipstik matte akan memperlihatkan bentuk dan tekstur bibir, pastikan pengaplikasiannya sempurna dan presisi. Bersihkan kesalahan-kesalahan pada pengaplikasian lipstik dengan cotton bud atau concealer berbentuk pensil. Ujung kecil akan membantu mengangkat atau menghapus kesalahan atau garis yang di luar batas.