Menjaga asupan dan memenuhi kebutuhan nutrisi di masa kehamilan merupakan hal yang sangat penting. Nutrisi yang diperlukan ibu terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Vitamin sangat dibutuhkan untuk ibu dan tumbuh kembang si Kecil dalam kandungannya. Salah satu vitamin yang diperlukan tersebut adalah vitamin C. Namun, sudahkah kamu tahu apa saja manfaat vitamin C bagi ibu hamil?


1. Membantu Penyerapan Zat Besi

Manfaat vitamin C untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Zat besi berperan penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin. Selain itu, zat besi juga berperan untuk memproduksi darah merah di dalam tubuh, sehingga produksi darah merah pada ibu hamil tercukupi sehingga bisa terhindar dari anemia.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Berikutnya, manfaat vitamin C untuk ibu hamil adalah menjaga daya tahan tubuh sang ibu tetap kuat sehingga dapat melawan berbagai infeksi dan penyakit yang mungkin terjadi.

3. Membantu Memperbaiki Sel dan Jaringan

Manfaat vitamin C untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk perbaikan sel dan jaringan. Hal ini dikarenakan vitamin C juga mengandung kolagen, yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan protein, yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan janin dalam kandungan.

Selain itu, kandungan kolagen yang terdapat pada vitamin C dapat membuat struktur tulang menjadi lebih kuat dan mencegah penyakit kerapuhan tulang pada ibu maupun janin.

4. Membantu Melawan Infeksi

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam vitamin C dapat membantu tubuh melawan infeksi dan melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan. Vitamin C dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan pembentukan antibodi dalam tubuh. Sehingga, vitamin C dapat menurunkan risiko infeksi bakteri dan virus. Hal ini penting diperhatikan oleh ibu hamil, karena umumnya terjadi penurunan daya tahan tubuh saat hamil.


Untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, konsumsilah makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk, stroberi, jambu biji, kiwi, pepaya, bayam, brokoli, cabe merah, dan kembang kol. Selain itu, bisa dengan menambah asupan vitamin C tambahan dengan mengonsumsi vitamin C tablet seperti Vitacimin  yang bisa kamu dapatkan di supermarket, toko, dan pusat perbelanjaan terdekat. Namun, jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan, ya.