Musim liburan adalah waktunya berbelanja, berkumpul bersama keluarga, makan makanan enak, dan menonton film komedi romantis di televisi. Bila Anda sering mengisi liburan dengan menyaksikan tayangan film komedi romantis dengan bintang utama para pria tampan, ada kabar baik untuk Anda. Menurut penelitian, film semacam ini punya efek bagus, lho, untuk Anda.


"Ekspos berulang terhadap film-film komedi romantis membantu mengasah sensitivitas penontonnya. Setidaknya pada empat dari lima intuisi moral seseorang," demikian kata hasil penelitian ilmuwan di University of Buffalo, Amerika Serikat, dikutip dari Medical Daily.


Intuisi moral yang dimaksud merupakan teori lima intuisi manusia yang dirangkum oleh psikolog Jonathan Haidt. Kelima intuisi moral yang dimaksud adalah: menyakiti/menyayangi orang lain, keadilan, loyalitas, hormat terhadap otoritas, dan kemurnian (biologis maupun metaforis).


Penelitian ini melibatkan 87 mahasiswa yang dibagi ke dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diberi kesempatan menonton genre film yang berbeda selama beberapa pekan. Sebelum dan sesudah studi para partisipan diminta menjawab kuesioner terkait dasar moral pribadi.


Studi ini menemukan grup yang hanya menyaksikan film-film komedi romantis punya sikap lebih sensitif ketimbang kelompok yang menonton film-film lain. Sayangnya, meski film komedi romantis bisa mengasah sensitivitas etika seseorang, tetapi juga berpotensi merusak hubungan. Para periset dari university of Michigan menemukan, film-film cinta bisa berimplikasi berbahaya bagi perempuan. Terutama berkait dengan membayangkan bagaimana seharusnya seorang lelaki mengejar perempuan demi cinta. Kadang jadi sulit membedakan mana sikap mengejar cinta dan mana mengejar nafsu yang masuk kategori penguntit.


Kebanyakan film komedi romantis menceritakan si lelaki secara konsisten dan konsisten mengejar sang perempuan atas nama cinta. Hal ini kemudian membuat perempuan menoleransi sikap mirip penguntit.


Di lain sisi, cerita cinta yang tarik-ulur dan naik-turun di komedi romantis bisa membuat seseorang jadi lebih sensitif dan sedikit naif. Well, enggak ada salahnya sih untuk sesekali menonton film santai yang membuat hati lebih hangat di hari libur.